IPTV Technology

UseeTv Cable, August 1, 2016

Televisi Protocol Internet atau yang kita kenal dengan IPTV adalah teknologi yang menyediakan layanan konvergen dalam bentuk siaran radio dan televisi, video, audio, teks, grafik dan data yang disalurkan ke pelanggan melalui jaringan protokol internet berbasis IP yang dijamin kualitas layanannya, keamananya, kehandalanya dan mampu memberikan layanan komunikasi kepada pelanggan secara interaktif dan real time dengan menggunakan pesawat televisi standar.

Konvergensi artinya penyatuan layanan-layanan telekomunikasi, penyiaran dan transaksi elektronik sehingga memungkinkan untuk memperoleh semua layanan melalui satu jaringan dan satu perangkat.

Fitur-Fitur IPTV :

  • IPTV dapat menyiarkan channel-channel free to air dan premium secara live ataupun prerecorded digital video serta dapat melakukan capture dan transmisi program dari berbagai source.
  • IPTV dapat melakukan scheduling/penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience.
  • IPTV menggunakan teknologi bandwidth transmisi yang efisien yaitu IP Multicast sehingga dapat memberikan layanan yang ekonomis tetapi tidak mengorbankan kualitas layanan.
  • IPTV mendukung format MPEG (Motion Picture Experts Group) untuk memberikan High Quality, full motion video, fitur ini merupakan tambahan terhadap standard CODEC untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.

Beberapa jenis Layanan Pada IPTV :

  1. Video On Demand Services yaitu Layanan yang memberikan penyewa konten video secara spesifik dengan pemesanan pelanggan.
  2. NPVR (Network Personal Video Recorder) yaitu layanan yang memungkinkan perekaman tayangan IPTV dan dapat di schedule pada periode tertentu.
  3. Interactivity yaitu layanan yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan konten interaktif IPTV. Layanan yang memberikan penyewaan konten video yang spesifik sesuai dengan pemesanan pelanggan.